Walau dalam styling kurang menggigit, pada dasarnya Tipe 34 ini merupakan mobil yang berkualitas. Performanya juga termasuk handal untuk masa itu. Model ini berkembang bersama Tipe 3 yang lain sampai tahun 1969; yaitu saat model itu mendapatkan 'kehormatan' sebagai model pertama dari jajaran VW yang dihentikan produksinya! Hanya 42 ribu unit pernah dibuat, sangat kecil untuk ukuran VW.
Sehabis dihentikan produksinya, tempatnya di pabrik Karmann digantikan oleh Porsche 914 atau VW 914 atau disebut juga Porsche/VW 914.
Tahun 1960, Karmann mendirikan pabrik cabang di Brasil di Sao Bernardo do Campo, gak jelas persis dimana itu rimbanya di Brazil sana silakan lihat sendiri di peta. Awalnya, cabang Brazil ini mengasembling Karmann Ghia Tipe 1 dari kit CKD asal Jerman. Lama-lama pabrik itu memproduksi model hasil desain mereka sendiri yang dikenal sebagai TC Karmann Ghia yang di luar Brazil praktis tidak dikenal.
Sepanjang 60-an dan 70-an, Karmann mengusulkan sejumlah proposal untuk menggantikan Ghia, tapi semuanya ditolak. Konon kabarnya sejumlah desain yang diusulkan sebenarnya banyak yang cakep, termasuk hasil dari Ital-designed yang disebut Cheetah tahun 1971.
Ketika akhirnya produksi Karmann Ghia dihentikan tahun 1975, muncullah penggantinya yang berbeda bumi dan langit, namun lumayan cakep juga. Selepas Karmann Ghia, Pabrik Osnabruck memproduksi VW Scirocco yang berbasis Golf Mk 1.
Sampai digantikan Scirroco itu, Karmann Ghia sempat dibuat sejumlah 283 ribu dalam bentuk coupes dan 81,000 cabriolets. Lumayan banyak juga.
Sehabis dihentikan produksinya, tempatnya di pabrik Karmann digantikan oleh Porsche 914 atau VW 914 atau disebut juga Porsche/VW 914.
Tahun 1960, Karmann mendirikan pabrik cabang di Brasil di Sao Bernardo do Campo, gak jelas persis dimana itu rimbanya di Brazil sana silakan lihat sendiri di peta. Awalnya, cabang Brazil ini mengasembling Karmann Ghia Tipe 1 dari kit CKD asal Jerman. Lama-lama pabrik itu memproduksi model hasil desain mereka sendiri yang dikenal sebagai TC Karmann Ghia yang di luar Brazil praktis tidak dikenal.
Sepanjang 60-an dan 70-an, Karmann mengusulkan sejumlah proposal untuk menggantikan Ghia, tapi semuanya ditolak. Konon kabarnya sejumlah desain yang diusulkan sebenarnya banyak yang cakep, termasuk hasil dari Ital-designed yang disebut Cheetah tahun 1971.
Ketika akhirnya produksi Karmann Ghia dihentikan tahun 1975, muncullah penggantinya yang berbeda bumi dan langit, namun lumayan cakep juga. Selepas Karmann Ghia, Pabrik Osnabruck memproduksi VW Scirocco yang berbasis Golf Mk 1.
Sampai digantikan Scirroco itu, Karmann Ghia sempat dibuat sejumlah 283 ribu dalam bentuk coupes dan 81,000 cabriolets. Lumayan banyak juga.
Sumber : kaskus (yokelgibes)
Tags
Info